Segala sesuatu itu memiliki makna namun jarang org menyadari dan melihat makna dari sesuatu yg telah terjadi

Jumat, 10 Desember 2010

[DOWNLOAD] Browser Google Chrome 8 Final / Chromium Terbaru



Setelah belum lama ini (di akhir bulan Oktober lalu) merilis versi 7, Google kembali merilis versi terbaru browser andalannya yaitu Google Chrome 8 Final. Sepertinya browser yang semakin banyak peminatnya ini (menurut lembaga situs NetApplications, jumlah penggunanya telah meningkat sangat pesat sampai total hampir 10% dari seluruh pengguna browser di seluruh dunia) memang cukup sering merilis versi baru.
browser-google-chrome-8.png
Apa yang baru di Google Chrome 8? Sebenarnya tidak terlalu banyak. Salah satu fitur baru pada Chrome 8 yang mungkin cukup signifikan buat pengguna adalah fitur pembaca file PDF yang terintegrasi (build-in PDF reader / viewer) yang sudah bisa langsung digunakan (untuk versi sebelumnya, PDF reader di Google Chrome harus diaktifkan secara manual). PDF reader di Google Chrome ini juga sudah menerapkan teknologi sandboxing, yaitu kemampuan untuk mengisolasi proses pembacaan file PDF tanpa mempengaruhi kinerja proses lainnya (jadi bila ada error ketika membuka file PDF di sebuah tab, error tersebut tidak mengganggu tab-tab lainnya yang juga sedang dibuka).
Selain itu, terdapat berbagai perbaikan 800 bug fixes dan juga peningkatan stabilitas browser. Di dalamnya juga sudah disiapkan dukungan penuh untuk Chrome Web Store (semacam toko online berbagai aplikasi web) yang akan segera diluncurkan Google.
Sebagai informasi, Google Chrome berbasis pada browser open-source Chromium. Perbedaan antara browser Chromium dan  Google Chrome (selain sifatnya yang open-source) di antaranya adalah Chromium dianggap lebih menjaga privacy pengguna (better privacy protection) karena tidak berisi Google tracking.

Download Gratis Google Chrome / Chromium Terbaru

Google Chrome tersedia untuk OS Windows, Mac OS X, dan Linux, serta dapat diinstall untuk versi single user dan multi-user/enterprise (baca penjelasannya di artikel sebelumnya) dan juga versi portable untuk digunakan via USB flash disk.
  1. Single User (User Level)
  2. Enterprise / Multi-user (System Level)
    Download di http://www.google.com/chrome/eula.html?msi=true
    File: GoogleChromeStandaloneEnterprise.msi (ukuran file sekitar 20 MB).
  3. Portable version
    Download http://portableapps.com/apps/internet/google_chrome_portable
Untuk browser Chromium (Chrome versi open-source) bisa download http://build.chromium.org/f/chromium/snapshots/
*
Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar